By | March 18, 2020

Terakhir, pastikan untuk menjaga komitmen dan tanggung jawab terhadap organisasi. Bicarakanlah baik-baik dengan anggota lain, sehingga apabila suatu ketika ingin kembali bergabungimagekita tidak rusak dan dicap jelek. Kesukaan Nurul berjejaring tidak terlepas dari efek yang ia rasakan ketika mengikuti mata kuliah pengembangan diri (self-development) di semester 2. Mulai dari dipercaya menjadi ketua kelompok, ketua kelas, hingga menjadi ketua proyek acara eksternal, yang mengharuskan Nurul berkomunikasi dengan banyak orang. Akhirnya, bukan hanya skillleadershipyang ia kuasai namun juganetworkingyang kini menjadi andalannya dalam berkarir. Seorang yang sudah melakukan networking dengan baik bisa memiliki banyak kemudahan dalam upaya berbisnis ataupun berorganisasi.

Kemudian, hubungan ini harus dipertahankan dengan saling bertegur sapa beberapa bulan sekali, yang bertujuan untuk update berita tentang apa yang sedang dikerjakan sekarang. Networking bisnis sangat penting untuk menjadikan usaha Anda lebih maju. Oleh sebab itu, sejalan dengan peningkatan kualitas produk dan layanan bisnis, Anda harus mulai membentuk jaringan bisnis yang kuat dan berkualitas.

Networking

Melalui luasnya relasi, maka atasan Anda bisa mengetahui kepribadian Anda sebenarnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga harus melihat dengan siapa Anda akan membangun relasi supaya bisa memberikan dampak positif untuk masing-masing pihak. Terkadang banyak orang kesulitan dalam membangun karier karena tidak terlihat menonjol dari orang kebanyakan. Membangun networking tidak selamanya berhubungan dengan menciptakan koneksi di luar tempat kerja. Lewat rujukan karier dari networking ini, peluangmu untuk diterima di perusahaan baru bahkan bisa meningkat sepuluh kali lipat lebih besar lho. Setelah berhasil mendapatkan relasi, jangan lupa untuk follow up agar mereka tidak lupa dengan diri kita.

Misalnya, jika Anda ingin berbagi atau berbagi printer, setiap komputer tidak mungkin memiliki printer satu-ke-satu. Melalui networking kamu juga dapat menemukan koneksi di industri bisnis tempatmu berada. Dengan begitu prospek untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan pun semakin terbuka lebar. Manfaat networking bisnis yang selanjutnya adalah sebagai peningkat profil bisnis onlinemu. Untuk kamu yang belum tahu, profil bisnis yang kamu miliki bisa dibilang sebagai nama baik bisnis kamu di mata pelanggan maupun klien.

Jadi semakin tumbuh rasa percaya diri, semakin luas networking yang Anda jalin. Memiliki relasi luas dan bermanfaat tentu menjadi keinginan banyak orang. Mudahnya mendapatkan informasi seputar kegiatan sosial, akademis, hingga lowongan pekerjaan senantiasa mengalir deras. Hal inilah yang membuat Nurul Endahwati, alumni Sarjana Manajemen Bisnis Reguler angkatan 10 “ketagihan” memperluas jejaring sejak masih menjadi mahasiswa di PPM SoM hingga kini telah memasuki dunia kerja. Networking atau jaringan adalah tindakan atau proses berinteraksi dengan orang lain untuk bertukar informasi dan mengembangkan kontak profesional maupun sosial. Gunakan social media anda dengan baik untuk membangun dan memperluas networking.

Setelah selesai, jangan lupa untuk menutupnya, karena Anda akan menutup file. Bila Anda bukanlah seorang yang ekstrovert, maka pastilah Anda merupakan pendengar yang baik. Hal ini bisa menjadi senjata andalan Anda, tidak hanya sejak Anda mengobservasi kemampuan networking orang lain, namun juga untuk mengenal mereka dengan baik. Namun semakin sering Anda melakukan hal yang kami sebutkan pada poin pertama, maka semakin banyak pula informasi yang Anda dapatkan mengenai bagaimana cara membuat jaringan. Sebelum memulai perjalanan networking di LinkedIn, pastikan untuk melengkapi profil LinkedIn-mu.

Kamu harus ingat bahwa kamu tidak pernah tahu siapa yang kamu berkesempatan untuk berkenalan. Kesempatan bisa datang dari mana saja, dan harus kamu yang pintar-pintar mencari dan menggunakannya! Justru sangat penting bagi kamu untuk menunjukkan apa yang bisa kamu lakukan, supaya orang-orang yang menawarkan pekerjaan tersebut bisa melihat kemahiran kamu di bidang yang kamu kerjakan. Oleh sebab itu, kita bisa menyimpulkan kenapa networking sangat dibutuhkan. Karena di zaman yang terus berkembang pesat, muncul juga kesempatan yang bisa kamu ambil untuk mengembangkan karirmu.

Alih-alih membangun networking sejak awal, mereka justru baru berencana melakukan ini setelah benar-benar membutuhkan pekerjaan atau karir yang baru. Kondisi ini tentu tidak akan memberikan koneksi yang maksimal, sebab hanya dibangun berdasarkan kebutuhan saja. Memberikan kesempatan berinteraksi langsung dengan banyak orang dalam satu ruang diskusi.