By | March 8, 2020

“Agar ke depannya Indonesia dapat mengembangkan ekspor-ekspor lainnya ke Mesir dengan produk pertanian lainnya seperti rempah-rempah, pala, lengkuas, kayu manis, kapulaga, dan juga potensi perikanan dan hasil laut,” ucap Lutfi. Dari ekspor kopi ke Mesir tersebut, terhitung dari bulan September hingga akhir tahun mendatang memiliki potensi transaksi mencapai 1,2 juta Dolar AS atau setara Rp17 miliar. Desa devisa sendiri merupakan program pembinaan kepada masyarakat untuk meningkatkan produksi dan pengolahan bahan potensi ekspor di sejumlah wilayah di Indonesia. Pada 2020, impor produk kopi Meksiko didominasi dari Amerika Serikat, Kolombia, dan Brasil. Adapun produk kopi tersebut didominasi produk ekstrak dan esens kopi, kopi gongseng, serta biji kopi. Menurut Husodo, produk kopi merupakan pintu bagi para pelaku usaha di Meksiko agar tertarik dengan produk lain dari Indonesia.

Jika anda saat ini membutuhkan Kopi dari Indonesia atau Kopi Luwak dalam jumlah besar dan ingin di ekspor, anda bisa menghubungi kami. Kopi Indonesia dikenal sebagai kopi terbaik dunia yang kaya rasa yang terdiri dari puluhan origin dan varian. Kafe-kafe besar didunia banyak yang menggunakan Kopi dari Indonesia sebagai campuran dari Coffee Blend mereka. VIVA– Wabah virus corona terus saja menghantui seluruh negara di dunia hingga Mei 2020 ini. Hal itupun membuat sejumlah sektor mengalami penurunan kinerja, termasuk di sub sektor perkebunan.

Untuk itu perlu dipersiapkan biji kopi yang memiliki grade sangat tinggi, serta dengan standar prinsip sustainability. Mengutamakan kualitas sangat tinggi dari biji kopi yang diproduksi dengan quantity kecil, sekitar forty karung per tahunnya. Ini dapat menggambarkan bahwa produk ini sangat terbatas, sehingga harganya akan dapat sangat tinggi. UKM Indonesia harus menggarap ini dengan serius, karena mampu menciptakan value-added yang sangat tinggi dengan kapasitas produksi yang tidak besar. Kopi Indonesia sebetulnya memiliki potensi besar untuk diekspor oleh UKM di Indonesia. Namun, performa ekspor kopi Indonesia saat ini tidak mencerminkan hal tersebut.

Hal ini karena produktivitas kopi Indonesia sangat rendah dan baru mencapai 25% dari produktivitas potensialnya. Pengendalian permintaan kopi di pasar domestik patut dikendalikan karena apabila terjadi peningkatan permintaan akan menurunkan pangsa pasar ekspor kopi di pasar Internasional. Indonesia sebagai salah satu eksportir kopi organik terbesar di dunia dengan kwalitas kopi serta mutu kopi tebaik di dunia.Kopi natural indonesia paling di cari,diminati, di nikmati oleh penikmat kopi. Eksportir Terdaftar Kopi yang melakukan kegiatan ekspor kopi wajib menyampaikan SKA Form ICO. Untuk mendapatkan SKA Form ICO, ETK harus mengajukan permohonan penerbitan SKA Form ICO kepada IPSKA terdekat.

Membuat ekspor kopi

Mulai dari petani  penggilingan  distributor  sub distributor  agen  sub agen  pedagang grosir  pedagang eceran  konsumen akhir. Panjangnya rantai pasok pangan dinilai sebagai salah satu hal yang menyebabkan harga pangan menjadi mahal. Struktur baru yang ditawarkan oleh Kementerian Pertanian adalah membuat petani menyalurkan produk ke Gapoktan  Toko Tani Indonesia dan langsung konsumen akhir. Diharapkan dengan sistem ini harga pangan menjadi murah dan produsen dapat tetap memperoleh keuntungan yang wajar.